Selasa, 20 April 2021

Grand Canyon Van Jogja, Wisata Tebing Breksi Recommended untuk Dikunjungi

G

rand Canyon van Jogja, sebagian masyarakat menyebutnya untuk menganalogikan destinasi wisata Tebing Breksi yang terdapat di kota Jogja. Hal ini karena tempat wisata Jogja tersebut memiliki kemiripan dengan ngarai terbing terjal yang ada di Colorado Amerika Serikat.


Daya Tarik Wisata Tebing Breksi

Grand Canyon asli terbentuk dari aktivitas alam selama jutaan tahun, sedangkan Tebing Breksi terbentuk akibat aktivitas masyarakat yang dulunya merupakan sebuah tambang. 

Batuan breksi yang menyerupai sebuah bukit dipotong sedikit demi sedikit dan dijadikan sebagai hiasan seni konstruksi. 

Hasil seni ini bisa dibilang cukup unik sebab batu breksi memiliki keindahan khas yang tida dapat dibandingkan dengan bentuk seni olahan lainnya.

Di tahun 2014, penambangan batuan breksi ditutup secara resmi oleh pemerintah. Penutupan tersebut berasal dari adanya kajian ilmiah yang mengungkapkan bahwa batuan breksi yang ditambang masyarakat pada saat itu berasal dari aktivitas vulkanik gunung berapi. 

Saat muncul aturan mengenai pelarangan aktivitas penambangan, tebing sudah mulai terbentuk di sebagian sisi bukit yang terpotong.

Pada bagian potongan tersebut membentuk lahan datar yang saat ini dijadikan sebagai fasilitas wisata. Bagi pengunjung yang ingin naik menuju atas tebing bisa melewati tangga batu pahatan yang unik. 

Dinding tebing breksi juga berasal dari batu asli yang dipahat oleh seniman artistik. Selain itu, tata lampu menawan pada tempat wisata ini menjadikannya sangat indah dan menakjubkan.

Paket Wisata Ke Yogyakarta Untuk Pelajar 1 Hari PP

Pagi dan sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Tebing Breksi. Di puncak ketinggian bukit nampak keindahan matahari terbit maupun matahari terbenam yang menciptakan suasana romantis.


Lokasi Wisata Tebing Breksi

Lokasi Tebing Breksi bisa dibilang lumayan jauh dari pusat kota Jogja, akan tetapi destinasi wisata ini terletak di kawasan zona wisata candi. 

Lebih tepatnya di sebelah timur wisata Kraton Ratu Boko dan Candi Prambanan serta sebelah barat Candi Ijo. Dengan demikian, Tebing Breksi bisa diakses dengan mudah oleh para wisatawan.

Alamat wisata Tebing Breksi terletak di ds. Sambirejo, kec. Prambanan, kab. Sleman, DIY. Wisatawan bisa berkunjung ke destinasi wisata Jogja satu ini dengan berbagai fasilitas transportasi.


Fasilitas dan Harga Tiket Wisata Tebing Breksi

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini sekarang sudah cukup lengkap, diantaranya :

Wahana Tebing Breksi :

  • Panggung terbuka sebagai pertunjukan kesenian maupun hiburan
  • Jeep wisata 
  • Spot foto menarik

Fasilitas Pendukung :

  1. Lapangan parkir luas
  2. Mushola
  3. Toilet
  4. Pusat kuliner (food court)


Harga Tiket Masuk :

Harga yang dipatok untuk memasuki kawasan wisata Jogja ini cukup terjangkau mengingat berbagai fasilitas spot foto menarik yang tersedia secara gratis. Berikut keterangannya :

  • Tiket masuk : Rp 5.000
  • Parkir sepeda motor : Rp 2.000
  • Parkir mobil : Rp 15.000
  • Parkir bus : Rp 25.000


Jam buka Wisata Tebing Breksi

Destinasi wisata Jogja ini buka 24 jam sebab keindahan yang disuguhkan adalah saat matahari terbit atau terbenam. Tebit atau terbenamnya matahari merupakan waktu paling tepat untuk mengabadikan eksotisme Grand Canyon van Jogja.

Saat berkunjung ke tempat wisata ini tidak lengkap rasanya jika melewatkan objek wisata lain yang ada di Jogja. Di dekat destinasi wisata Tebing Breksi terdapat banyak candi yang bisa dikunjungi antara lain Candi Barong, Candi Ijo, Candi Ratu Boko, Candi Banyunibo serta Candi Prambanan. 

Yuk, agendakan trip liburan ke kota Jogja khususnya Tebing Breksi yang menyuguhkan view unik dan menarik untuk dikunjungi.