Seru Banget! River Tubing Cikadongdong di Majalengka, Pilihan Wisata Air yang Ngasah Adrenalin

Seru Banget! River Tubing Cikadongdong di Majalengka, Pilihan Wisata Air yang Ngasah Adrenalin

Kalau lagi liburan ke Majalengka, Jawa Barat, jangan lupa mampir ke objek wisata air yang keren abis, yaitu River Tubing Cikadongdong.

River tubing di sungai cikadongdong


Tempat ini berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Oh iya, di Majalengka juga ada banyak tempat wisata seru lainnya, tapi kalau mau main air, River Tubing Cikadongdong wajib banget dikunjungi!

River Tubing Cikadongdong ini emang oke banget, sampe-sampe masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019, loh! Mau tau apa aja yang seru di objek wisata ini? Yuk, kita simak bareng-bareng!

Ngacir Terus Meski Musim Kemarau

aliran air deras meski kemarau
River Tubing Cikadongdong ini tuh ada di kaki Gunung Ciremai yang berada di Sungai Cikadongdong.

Airnya jernih banget, loh, meskipun lagi musim hujan. Airnya berasal dari mata air pegunungan, jadi jernih banget deh.

Meskipun lagi musim kemarau, airnya tetap ngalir deras, jadi kita tetap bisa menikmati serunya river tubing di sini, bro!

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka, Gatot Sulaeman, mengatakan bahwa mereka telah mengajukan beberapa objek wisata untuk dinilai oleh tim penilai API tahun 2019.

Salah satunya adalah objek wisata alam terasering Panyaweuyan di Kecamatan Argapra, Cikadongdong di Desa Payung, objek wisata alam Gunung Karang di Blok Pancurendang landeuh, Kelurahan Babakanjawa, Kecamatan Majalengka, dan beberapa objek wisata lainnya.

Wisata air river tubing yang baru saja berdiri dalam beberapa tahun terakhir ini semakin banyak dikunjungi.

Pengunjungnya tidak hanya berasal dari wilayah Majalengka, tetapi juga dari kabupaten tetangga, bahkan wilayah Jawa Barat dan luar Jawa Barat.

Jalurnya Aman untuk Kita

jalur aman untuk pengunjung
River Tubing Cikadongdong ini punya jalur yang cukup panjang, sekitar 350 meter. Ada juga jalur sepanjang 1 kilometer, tapi minimalnya harus ada 13 orang, nih.

Tempat wisata ini masuk ke kategori wisata ekstrem, karena arus airnya lumayan kenceng dan ada belokan-belokan yang berbatu dan banyak jeram.

Tapi jangan khawatir, kita bakal dilengkapi dengan perlengkapan keamanan seperti helm dan body protector. Kita juga akan dipandu oleh ahli dan ada tim khusus yang berjaga di jeram-jeramnya.

Tapi tenang aja, meskipun ada banyak batu, pengelolanya udah bikin jalur yang aman dengan ngatur batu-batunya. Dan ada juga tim di beberapa tempat yang ngusahain biar peserta river tubing tetep aman.

Buat pengunjung juga ga usah khawatir, pengelolanya udah sediain perlengkapan pelindung kayak helm, pelindung tangan, lutut, dan pelampung gitu.

Tempat wisata air di Cikadongdong ini pasti lebih keren daripada yang lain, udaranya sejuk banget, dan airnya bening dan segar.

Di sepanjang sungainya penuh dengan pohon yang lebat sampe hampir nutupin seluruh area sungai. Bahkan di beberapa tempat, hampir ga ada sinar matahari yang tembus ke sungainya.

Tapi tetep terang kok suasanya, soalnya dari sisi lain banyak cahaya. Selama perjalanan ke tempat wisatanya juga sejuk dan asri banget. Apalagi pas musim durian, pengunjung bisa nyobain durian yang terkenal banget enaknya.

Pemandangan yang Makin Kece

pemandangan yang asri
Sensasi river tubing di sini nggak cuma bikin adrenalin kita naik, tapi juga pemandangannya yang bikin hati adem.

Selain udaranya yang dingin karena di pegunungan, airnya yang jernih, tempat ini juga terkenal dengan keasriannya.

Di sepanjang sungainya, kita bakal disambut sama pepohonan yang rimbun banget, sampe hampir nutupin seluruh area sungai.

Bahkan di beberapa tempat, jarang banget ada sinar matahari yang masuk ke sungai ini, bro.

Harganya Terjangkau

Tiket masuk cikadongdong
Cikadongdong River Tubing adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati serunya bermain air di aliran sungai Cikadongdong yang airnya jernih dan alami karena berasal dari Gunung Ciremai.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, cukup mudah. Kamu bisa naik elf atau angkot menuju Terminal Rajagaluh, lalu lanjut naik kendaraan pick up atau mobil gundul menuju Desa Payung.

Dari sana, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit menuju titik awal wahana. Jika ingin lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Tempat wisata ini dikelola oleh penduduk setempat yang memiliki dedikasi tinggi untuk menciptakan wahana wisata berkualitas.

Para pemuda di sana memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam memperkenalkan tempat ini kepada para wisatawan.

River tubing, atau yang sering disebut arum jeram, adalah permainan tim yang melibatkan setidaknya 5 orang.

Kamu akan mengalir di sungai sepanjang 350 meter yang penuh dengan semangat persahabatan. Rute sungainya beragam, mulai dari yang landai hingga berkelok-kelok, memberikan pengalaman tak terlupakan di alam terbuka.

Cikadongdong River Tubing telah menyediakan perlengkapan keselamatan, seperti pelampung, helm, dan pelindung kaki serta tangan.

Sebelum memulai petualangan di sungai, pengunjung akan mendapatkan penjelasan mengenai langkah-langkah keamanan dan keselamatan dari pemandu. Juga, akan ada pemanasan sebelum memulai perjalanan menaklukkan sungai Cikadongdong.

Selain menawarkan wisata yang seru, tempat ini juga cocok digunakan untuk mempererat hubungan antar sesama, membangun kekompakan, dan belajar mencintai alam dengan menjaga kebersihannya.

Nggak perlu bayar tiket masuk buat sampai ke sini, alias gratis, bro! Tapi buat main river tubing, kita perlu bayar Rp 35.000 per orang di akhir pekan dan Rp 30.000 per orang di hari biasa.

Selain itu, di River Tubing Cikadongdong juga ada paket tubing plus makanan liwet yang harganya mulai dari Rp 45.000 sampe Rp 75.000 per pack. Asik banget kan, abis capek main tubing bisa langsung makan enak!

Tempat wisata ini juga udah diurus dengan baik, ada fasilitas seperti toilet, tempat parkir, dan jalan menuju lokasi wisata yang udah tertata rapi, jadi kita bisa nyaman saat perjalanan ke sini.

River Tubing Cikadongdong ini baru berdiri beberapa tahun, tapi pengunjungnya makin banyak aja. Bukan cuma dari wilayah Majalengka, tapi juga dari kabupaten sekitarnya sampe dari luar Jawa Barat.

Buat kita yang suka wisata air yang seru banget, River Tubing Cikadongdong ini bisa jadi pilihan yang pas. Nah, objek wisata ini juga udah buka lagi, lho. Seru banget kan main river tubing di Sungai Cikadongdong? Yuk, bro, cobain!

Copyright © Majaholiday Rentcar & Tours | Official Address : Jl. Majalengka-Rajagaluh Blok Pahing Salagedang Sukahaji Majalengka 45471 (Sebrang Klinik Medika)
top